top of page

E-sports menjadi olahraga yang digemari masyarakat Indonesia


E-sports Indonesia

Bermain game baik secara online maupun offline sudah banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain sebagai sarana penghilang rasa penat, bermain game juga dapat menjadi perantara sosialisasi jaman sekarang. Game online khususnya, dapat menghubungkan sesama penggemar yang awalnya asing untuk membentuk pertemanan virtual. Dari hubungan virtual ini, tidak sedikit masyarakat yang merasa diuntungkan karena mendapat teman gaming bersama sekaligus tempat bertukar informasi terkait minat mereka ini.


Meningkatnya minat bermain game masyarakat ditandai dengan semakin maraknya e-sports di Indonesia. Yang berawal dari bermain game karena hobi atau kopetisi menjadi yang terbaik, banyak penggemar e-sports yang tanpa sadar mendapatkan penghasilan dari kegemaran mereka ini. Apalagi karena tidak melibatkan keterampilan fisik, e-sports mulai menjadi populer di kalangan masyarakat yang kurang suka berkeringat. Yang perlu diperhatikan atlet e-sports bukan kelincahan fisik, tapi sifat kompetitif, kerja sama serta strategi yang tepat. Daya tarik ini lah yang menjadikan e-sport sebagai cabang olahraga yang diminati banyak anak muda.


E-sports Indonesia

Cabang olahraga yang baru diresmikan tahun 2020 ini menjadi sorotan setelah mendapatkan dukungan resmi dari pemerintah Indonesia sendiri. Global Market Games Report tahun 2020 menginformasikan Indonesia menjadi negara dengan jumlah pemain game paling besar dalam skala Asia Tenggara setelah Thailand dan Filipina. Saat ini, jumlah populasi para penggemar e-sports di Indonesia mencapai angka 52 juta orang, dimana mayoritasnya berasal dari DKI Jakarta. Sedangkan rata-rata rentang usia para gamers berkisar pada 26-37 tahun. Walau sempat terhalang Covid-19, beragam turnamen dan tim e-sports di Indonesia mulai menunjukkan ketenarannya sejak tahun 2021. Buktinya turnamen esports kelas nasional yang memperebutkan hadiah hingga miliaran rupiah mulai digelar di Indonesia. Tercetusnya Indonesia eSports Association atau IESPA juga memungkinkan olahraga ini menjadi industri baru Indonesia yang terus bertumbuh pesat. Peluang meraih kesuksesan di bidang ini lah yang selanjutnya berperan dalam meningkatkan ketenaran e-sports di Indonesia.


Popularitas e-sports yang terus melunjak menginspirasi masyarakat muda untuk terjun ke bidang ini baik sebagai penggemar, pemain, maupun pendukung di bagian lainnya. Tidak sedikit masyarakat yang mempertimbangkan e-sports sebagai profesi utama, namun tidak semua berhasil meraih cita-cita mereka ini. Selain memerlukan pengetahuan yang mendalam serta bakat bermain game yang distingtif, atlet e-sports juga perlu modal yang memadai dan ketekunan berlatih. Ketenaran e-sports juga mengundang lirikan berbagai investor karena dinilai berpotensi membludak di masa depan. Perkembangan yang pesat dalam aspek ukuran pasar, serta persebaran platform yang mendukung selama lima tahun terakhir membuktikan bahwa industri e-sports akan bertahan dalam jangka panjang. Pendapatan gaming di Indonesia sendiri mencapai US$ 1,7 milyar di tahun 2020 dan terus mengalami peningkatan sebesar 25% per tahunnya sehingga menjadi negara dengan potensi pasar e-sports terbesar di Asia Tenggara.


Berbagai platform streaming seperti YouTube dan Twitch yang dijadikan sarana penyiaran pertandingan secara langsung maupun tayangan ulang juga merasakan ombak popularitas e-sports karena dapat menjangkau penonton dalam jumlah besar. Hal ini membuktikan bahwa secara tidak langsung, industri e-sports bukan lagi menjadi satu-satunya sasaran deretan investor ternama. Beberapa perusahaan yang erat kaitannya dengan e-sports seperti perusahaan-perusahaan game developer, streaming, event, teknologi, serta tim e-sports juga menerima sejumlah investasi signifikan yang berperan dalam membangun pertumbuhan e-sports sebagai industri yang menjanjikan. Bagi para penggemar yang hanya menjadikan e-sports sebagai hobi, tentunya bermain game online secara non-profesional sudah bisa menjadi penghibur tersendiri. Mulai dari bermain pertandingan persahabatan dengan teman, berkontribusi dalam pertandingan komunitas lokal, melakukan live streaming sambil bermain, hingga ikut turnamen amatir online, ada berbagai platform bagi masyarakat yang ingin terlibat dalam komunitas e-sports tanpa perlu terlibat secara profesional. Selain itu, memiliki laptop gaming yang berkualitas serta alat-alat gaming lain yang menunjang pengalaman bermain menjadi cita-cita banyak penggemar game untuk memuaskan keinginan mereka bermain game secara totalitas.


Sebagai salah satu perusahaan teknologi yang berfokus pada industri komputer, Axioo kembali memanjakan para gamers dan content creator Indonesia dengan menghadirkan serial laptop gaming terbarunya, Axioo Pongo. Menyusul kesuksesan laptop Axioo Pongo yang sebelumnya, Axioo Pongo 760 dan Axioo Pongo 960 dirilis dengan teknologi terbaru dan desain yang kompak untuk memberikan performa yang lebih spektakuler.


Bagi para penggemar game yang ingin memuaskan keinginan bermain tanpa kendala, laptop Axioo Pongo sangat cocok, karena sudah didesain khusus untuk memanjakan konsumer dengan berbagai kelebihannya. Baik laptop Axioo Pongo 760 maupun Pongo 960 dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4060 8GB GDDR6 dan FHD IPS Display dengan 100% sRGB yang menghasilkan visualisasi realistis untuk mendapatkan pengalaman gaming yang baik bagi setiap konsumer. Laptop ini memiliki storage yang dapat di-upgrade hingga 4 TB serta RAM yang dapat di uprade hingga 64 GB sehingga konsumer tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan.



Kedua, laptop ini juga disertai dengan ventilator yang bekerja lebih baik dan memiliki berat yang tidak lebih dari 2 kg. Yang membedakan keduanya yakni Axioo Pongo 760 menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-12650H sedangkan Axioo Pongo 960 menggunakan prosesor Intel® Core™ i9-13900H, yang keduanya tetap memberikan performa yang berkualitas tanpa kompromi.


Setelah mengetahui kelebihan Axioo Pongo 760 dan Axioo Pongo 960, penggemar game tidak perlu lagi bimbang ikut tren gaming serta e-sports di Indonesia karena kedua laptop ini merupakan pilihan yang tepat dengan harga yang terjangkau. Dengan laptop Axioo Pongo, konsumer sudah bisa memuaskan cita-cita bermain game dengan totalitas. Konsumer dapat membeli laptop Axioo Pongo di berbagai platform online terkemuka dan gerai Axioo yang tersebar di seluruh Indonesia.


Penulis : Jessica Halim

51 views

Comments


bottom of page