KEMENTERIAN PUPR KUNJUNGI PABRIK AXIOO DALAM UPAYA DUKUNG PRODUK DALAM NEGERI
top of page

KEMENTERIAN PUPR KUNJUNGI PABRIK AXIOO DALAM UPAYA DUKUNG PRODUK DALAM NEGERI


Kunjungan Kementerian PUPR

Jakarta, 16 Oktober 2023 – Dalam upaya memperkuat dukungan terhadap rantai pasok Material dan Peralatan Konstruksi (MPK) serta meningkatkan penggunaan barang bersertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di sektor konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan kunjungan ke Axioo Smart Factory (Pabrik Axioo). Kunjungan spesial ini khususnya juga untuk menyaksikan beragam keunggulan dari perusahaan Axioo serta membuktikan secara langsung bahwa produk Axioo diproduksi secara lokal dan tersedia pasokan yang memadai, termasuk layanan purnajual yang berkualitas.


Turut serta dalam kunjungan ini adalah tim Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi, bersama dengan perwakilan dari Inspektorat Jendral, Direktorat Jendral Sumber Daya Air, Direktorat Jendral Perumahan, serta perwakilan dari Sekretariat Jendral Bina Konstruksi, telah melaksanakan kunjungan pada hari Rabu kemarin tanggal 11 Oktober 2023 di kawasan Cakung Barat, Jakarta Timur.


Direktur Kelembagaan dan Sumber Daya Konstruksi selaku Ketua Pelaksana P3DN Kementerian PUPR, Ir. Nicodemus Daud, M.Si, mengucapkan apresiasi tinggi kepada seluruh tim Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) yang telah berdedikasi dalam mendukung penggunaan produk dalam negeri, untuk mendorong pertumbuhan sektor pembangunan nasional dan bersaing di pasar global. Kunjungan ini juga sejalan dengan upaya pengadaan laptop PDN melalui metode e-Purchasing Katalog, salah satunya dengan merek Axioo oleh Kementerian PUPR.


Dalam sambutan pembukaan kunjungan, Direktur PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO), Alex, menyampaikan sejarah perusahaan Axioo. Ia mengungkapkan bahwa pabrik Axioo yang mulai beroperasi secara komersial mulai dari tahun 2007, telah berperan penting dalam memproduksi komputer dan suku cadangnya. Axioo mengusung visi untuk menghadirkan perangkat IT berteknologi terkini dengan harga terjangkau kepada masyarakat, yang dikenal dengan sebutan Innovative yet Affordable (IYA). Produk laptop, komputer dan tablet Axioo memasuki pasar sejak tahun 2004 dengan kapasitas produksi mencapai 200.000 unit notebook per-bulannya. Sementara itu, merek Visipro berfokus pada PC RAM (DIMM) sejak tahun 1997 sebelum berkembang ke jenis suku cadang komputer lainnya.


Tak hanya itu, Alex juga menekankan bahwa PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) juga telah menjalin kolaborasi yang erat dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dengan harapan lulusannya memiliki keterampilan dan pengalaman kerja yang unggul. Dengan hal ini, PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO) telah berhasil mendapatkan nilai BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) maksimum sebesar 15%. Selain itu, sebagian besar produk laptop dan komputer Axioo yang ditayangkan di e-catalog juga sudah memiliki nilai TKDN diatas 25%, sehingga total pencapaian TKDN dan BMP Axioo telah sukses memiliki nilai diatas 40%.


“Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama bagi Axioo. Kami memahami betapa pentingnya layanan purnajual yang berkualitas dan efisien bagi pengguna. Oleh karena itu, kami juga telah siap memberikan layanan purnajual yang terbaik, mulai dari pemberian garansi produk yang mencapai 3 tahun hingga program layanan service cepat (Same Day Service) di Axioo Care”, ungkap Alex. Dan Saat ini kami telah memiliki 172 titik service center yang tersebar diseluruh Indonesia”, tutupnya.


Selain produk laptop dan komputer, Axioo juga mempersembahkan beragam inovasi bisnis lainnya yang dikenal dengan sebutan “Axioo Ecosystem”. Axioo Ecosystem mewakili tonggak sejarah baru dalam evolusi teknologi, menghadirkan solusi terdepan untuk berbagai aspek kehidupan modern. Axioo Ecosystem ini terdiri dari: Axioo Display (Smart Screen), Axioo Sight (CCTV), Axioo Agriculture (Drone Pertanian), Axioo Robotic, Axioo Education (Program Pendidikan), dan Rainer (Server).


Axioo Display menghadirkan pengalaman visual dari perangkat smart TV yang luar biasa, sementara Axioo Sight menghadirkan tingkat keamanan yang baru melalui teknologi CCTV yang canggih. Axioo Agriculture dapat membantu petani meningkatkan produktivitas dengan alat penyemprotan yang cerdas, sementara Axioo Robotic pembelajaran untuk memasuki era robotika yang mengubah cara kerja dan produksi di era industry 4.0. Axioo Education membuka pintu menuju pendidikan yang lebih interaktif dan efektif serta menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas. Dan Tak lupa, Rainer, menyediakan fondasi teknologi server yang kokoh dan handal. Axioo Ecosystem bukan sekedar produk, akan tetapi suatu perwujudan komitmen inovasi untuk menghadirkan solusi teknologi terdepan dengan tujuan memberikan dampak positif di berbagai sektor industri dan masyarakat secara luas.



Tentang PT Tera Data Indonusa Tbk (AXIO)

PT Tera Data Indonusa Tbk (“TDI”) atau “Perusahaan”) telah berkecimpung dalam bisnis komponen TI sejak tahun 1993, sejak saat itu TDI telah mengembangkan jaringan distribusi yang lama dan luas di seluruh Indonesia, dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam membangun dan meningkatkan infrastruktur TI yang solid dan terbukti. Brand AXIOO sendiri terbentuk pada tahun 2004, dimana Axioo menjadi brand lokal pertama yang meluncurkan notebook di Indonesia. Sejak itu penjualan Axioo tumbuh pesat dari tahun ke tahun, dan kami telah menambahkan jajaran produk baru seperti tablet, AIO, desktop, 2-in-1, dan smartphone. TDI mengoperasikan 31 kantor perwakilan & penjualan di kota-kota besar Indonesia, dengan lebih dari 172 pusat layanan di seluruh Indonesia. TDI juga memiliki kapasitas produksi 200.000 unit/bulan dengan 12 jalur perakitan.

Contact person:

Luhur Budiman

Corporate Secretary

PT Tera Data Indonusa Tbk

E: corporatesecretary@terra.co.id

79 views
bottom of page