facebook

Axioo World

Android Runtime

Halo Sobat Axioo, selamat bertemu dalam Axioo Tech Talk(Axteta), Axteta, adalah serial tulisan yang akan mengajak Sobat Axioo mengupas teknologi terkini yg dipakai dalam produk ICT.
Dalam setiap sesi Axteta kita akan membahas satu persatu bagian teknologi dari HP, Tablet dan Notebook secara praktis tapi tetap berfokus pada satu bagian tertentu dari teknologi yg dipakai, kita akan berusaha menjawab semaksimal mungkin tiap pertanyaan yg berkaitan langsung dengan topik yg sedang kita bahas dalam sesi Axteta, untuk pertanyaan akan diprioritaskan yg berkaitan langsung dengan topik.
Untuk mengawali Axteta kali ini maka kami akan membahas secara umum mengenai Android Lollipop, dan beberapa fitur utamanya, karena Lollipop adalah upgrade versi Android yg terpenting dari semua versi2 sebelumnya, pengen tahu kenapa? ikuti seri tulisan Axteta!

Topik bahasan kita yang pertama adalah mengenai ART
Android Runtime (ART) adalah suatu lingkungan aplikasi yg digunakan oleh OS Android. ART menggantikan Dalvik yaitu mesin virtual yg digunakan oleh semua versi android sebelumnya untuk mengkonversi kode perintah dari aplikasi menjadi instruksi dasar dari peralatan(HP & tablet).
Jadi kalau diibaratkan mobil, maka dalam android dari versi Cupcake sampai Kitkat, Google sudah melakukan upgrade semua hal misal dashboard(pengukuran), velg, aksessoris dll,tapi belum mengupgrade mesinnya, maka di Lollipop inilah google mengupgrade mesin mobil android dari sistem 32bit(dalvik) menjadi ART 64bit, jadi ini mengubah banyak sekali kemampuan dasar android mungkin sampai bertahun2 mendatang
11222207_1323081804384554_8838518699167373337_o (1)ART vs Dalvik Apps di Android dibuat dalam bentuk Dalvik bytecode, yg sangat portabel. sehingga mempunyai kompabilitas tinggi dengan banyak perangkat, tetapi untuk bisa berjalan disemua perangkat bytecode ini harus dikonversi menjadi kode mesin, disinilah perbedaan utama dalvik dan ART, yaitu Dalvik melakukan konversi ini setiap kali aplikasi dijalankan (JIT/Just in time). Sedangkan ART melakukannya hanya sekali pada waktu aplikasi di instalasi di perangkat kita.

Lagfree – Pemakai Apple IOS sering berkata bahwa android terasa agak lag, hal ini bisa dipahami karena di semua versi android sebelum Lollipop, Dalvik harus melakukan translasi kode dalam tiap kali kita melakukan aksi apapun di HP kita, jadi dengan ART lag ini bisa dihilangkan, karena aplikasi yg terinstal sudah dalam bentuk kode mesin, tanpa perlu ditranslasikan lagi
Batery optimization – karena tiap kali menjalankan aplikasi kita tidak perlu translasi lagi, maka kerja CPU dalam OS Lollipop lebih ringan, sehingga secara umum batery bisa lebih hemat.
Beberapa statistik
1. Peningkatan CPU floating operation ~ 20%
2. Peningkatan Operasi RAM ~10%
3. Peningkatan akses ke penyimpanan ~ 10%
4. Tetapi untuk Operasi angka integer Dalvik sedikit lebih cepat
Secara umum Axteta sangat merekomendasikan Lollipop sebagai upgrade yg penting, dengan kelemahan yg sangat sedikit, juga masalah kompabilitas yg juga sangat minor, kesimpulannya Lollipop sangat superior upgrade, upgrade & upgrade!

#axteta

Berita Lainnya

Axioo Tech Talk

View More Results…