Axioo World

Adoptable Storage Venge X

Operating System Axioo Venge-X yang semula berbasis Android Lollipop 5.1 kini sudah dapat di upgrade ke Android Marshmallow 6.0. Salah satu fitur andalan Android 6.0 Marshmallow adalah Adoptable Storage, dimana penyimpanan microSD memliki kemampuan sama dengan penyimpanan internal. Dengan kata lain, penyimpanan microSD yang terdapat di smartphone dapat dibaca layaknya penyimpanan internal (menggabungkan kapasitas microSD dengan ROM menjadi satu media penyimpanan internal).

Kemampuan Adoptable Storage dalam Axioo Venge-X yang mampu menganggap microSD sebagai internal storage bahkan sebagai penyimpanan utama, membuat pengguna tak perlu khawatir lagi terhadap keterbatasan kapasitas memori internal yang tersedia, penggunapun bisa menginstal aplikasi lebih banyak lagi. Tak perlu lagi root dan swap memori, untuk memungkinkan media penyimpanan eksternal android dapat dibaca oleh sistem sebagai media penyimpanan internal, yang menyebabkan hilangnya garansi pada perangkat pengguna. Selamat tinggal root dan swap memori.

MicroSD yang dapat dijadikan sebagai penyimpanan internal, sangat bermanfaat dalam menjaga keterbatasan ROM sehingga lebih leluasa lagi. Seperti file-file internal yang kerap tersimpan secara otomatis kedalam memori internal, akan langsung tersimpan dalam microSD. Contoh kasus file foto yang dikirim teman via BBM, foto tersebut akan disimpan ke dalam folder WhatsApp Images yang sudah tercipta dengan sendirinya di media penyimpanan MicroSD, dan pengguna pun bisa menyimpan aplikasi atau game ke dalam microSD.

Cara mengubah MicroSD jadi penyimpanan internal

Untuk mengubah MicroSD menjadi media penyimpanan internal sebenarnya akan muncul dengan sendirinya, saat pertama kali melakukan upgrade ke Android Marshmallow atau ketika baru pertama kali memasukkan MicroSD ke smartphone, akan muncul opsi  “Gunakan sebagai penyimpanan portabel” atau “Gunakan sebagai penyimpanan internal”. Bila ingin menjadikan sebagai memori internal, pilih opsi kedua yaitu “Gunakan sebagai penyimpanan internal”, setelah itu ikuti saja prosesnya hingga selesai, dalam prosesnya migrasi data juga akan dilakukan.

Adoptable 1

Bila opsi pengaturan diatas tidak muncul atau kamu ingin mengubah pengaturan yang sudah ditetapkan sebelumnya, cukup masuk saja ke “Pengaturan > Penyimpanan & USB > Pilih Kartu SD” setelah itu pilih “option (icon 3 titik dipojok kanan atas) > Format sebagai internal / portabel”.

Adoptable 2

Sumber: ikeni.net

Berita Lainnya

Axioo Tech Talk

View More Results…